Dilihat dari fungsi aslinya, facebook adalah website yang dibuat untuk dapat memberikan informasi satu sama lain dengan jarak sejauh apapun tanpa batasan kota bahkan negara. Facebook membuat kita dapat mengenal banyak orang bahkan di seluruh dunia ini (bagi orang-orang yang memiliki facebook). Facebook juga memiliki banyak keunggulan dari kegunaannya. Tidak hanya dapat mengirim pesan, tapi juga dapat mempublikasikan apa yang ada dalam pikiran seseorang serta mengomentarinya, dan sebagainya. Bagi saya facebook sangat terbuka dengan fasilitasnya yang bahkan dapat melihat siapa yang sedang online saat itu dan sekaligus dapat melakukan chat dengan orang tersebut, juga segala hal yang dilakukan oleh tiap orang di facebook akan terpublikasikan di homefacebook setiap orang yang telah menjadi temannya. Selain itu facebook memiliki mempunyai informasi waktu yang lengkap, setiap hal yang dilakukan dalam facebook akan tercatat secara lengkap kapan hal itu terjadi.
Kalau boleh jujur saya jarang sekali buka facebook, karena saya tidak tahu hal apa yang penting yang perlu saya lakukan di saat saya membuka facebook dan bahkan sampai saat ini kalau dihitung mungkin saya belum sampai tiga kali mengupdate status saya di facebook di antara sekian banyak orang yang sering mengupdate statusnya. Terkadang saya bingung melihat orang-orang yang mempunyai facebook, mereka menyalahgunakan keterbukaan facebook untuk menyampaikan kekesalan mereka melalui status, bahkan menghina orang lain. Yang lebih membuat saya tidak menyangka hal-hal negatif seperti itu diberikan “jempol” atau dengan istilah “like” di facebook.
Saya heran apa ya yang sebenarnya ada dalam pikiran orang-orang seperti itu. Entah mereka tidak ada kerjaan, atau mungkin untuk mencari perhatian dari orang lain, dan beribu-ribu kemungkinan dan alasan orang-orang melakukan hal tersebut. Selain itu ada juga orang-orang yang menjadikan facebook tempat untuk membangun relasi bagi mereka yang belum mempunyai pasangan, dan akhirnya mereka akan bertemu satu sama lain. Banyak hal yang terjadi mulai dari penculikan dan juga ada pencemaran nama baik seseorang yang direkayasa oleh orang lain. Sebenarnya bukan facebook yang salah, tapi orang banyak yang menyalahgunakan fasilitas facebook untuk hal yang sebenarnya sama sekali tidak penting.
Dengan facebook juga pastinya kita akan dapat memperluas pergaulan dan informasi kita. Kita juga dapat berkomunikasi dengan orang-orang yang jaraknya tak terjangkau oleh kita, contohnya di luar kota, dan juga berkomunikasi dengan orang-orang yang sudah lama tidak kita jumpai.
Baiklah, cukup sekian opini dari saya tentang facebook. Saya hanya berharap orang-orang yang suka dan sering menyalahgunakan facebook dapat berpikir lebih lagi untuk menggunakan apa yang ada dengan sikap yang positif dan membawa dampak yang baik bagi orang lain di sekitarnya.
~GOD Bless U All~
^_^

About lyablue8

gw hanyalah seorang anak yg akan selalu berusaha untuk menyenangkan hati Bapa gw di surga... JBU all ^_^

Leave a Reply

