Aturan Hak Cipta Perangkat Lunak

Hak cipta merupakan suatu karya (barang, lagu, tulisan, dll) yang diciptakan oleh seseorang, kelompok, ataupun perusahaan yang didaftarkan ke Departemen Kehakiman sehingga dilindungi UU. UU yang melindungi hak cipta adalah UU RI No. 19 Tahun 2002. Dengan ditetapkannya UU ini, tiap orang yang memiliki hasil karya & didaftarkan pada lembaga yang berwenang akan mendapatkan perlindungan hukum. Intinya hak cipta adalah hak exclusive yang dipatenkan & diakui sebagai kekayaan intelektual seseorang, kelompok, atau perusahaan, & kekayaan ini dilindungi sebagai Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI).
Di bidang komputer, yang dilindungi oleh UU hak cipta adalah software & smua unsur yang ada di dalamnya. Contoh software yang saat ini sangat populer di dunia adalah Microsoft (product dari perusahaan milik Bill Gates – pengusaha dari AS). Hal tersebut terjadi karena Microsoft penuh inovasi & mudah dipahami (walaupun oleh para pemula). Microsoft juga mendapat perlindungan dari UU hak cipta sehingga setiap pemakai Microsoft harus membeli/membayar royalti. Memang harga software originalnya cukup mahal bagi masyarakat Indonesia, jadi untuk mengatasinya Microsoft memberikan discount s.d 85% jika mengadakan kerja sama dengan Microsoft. Kerja sama ini sudah banyak dilakukan terutama pada perguruan tinggi.

Dampak Pelanggaran Hak Cipta

Perkembangan IT memerlukan orang-orang yang handal dalam bidangnya sehingga membuka peluang & lapangan kerja baru bagi para generasi muda yang penuh kreasi. Hal ini tentunya harus dihargai, karena jika tidak, banyak orang yang akan menjadi enggan untuk berkreasi. Pada bidang TIK, penciptaan program harus mendapatkan perlindungan, karena membuat software bukanlah hal yang mudah, melainkan membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun, jika program tersebut dibajak akan membuat orang tersebut enggan menjadi seorang programmer. Cara menghargai hasil karya orang lain dalam bidang TIK khususnya software dapat diwujudkan dengan cara tidak menggunakan software bajakan, melainkan membeli software original. Pelanggaran atas hak cipta seseorang akan dikenakan sanksi hukum sesuai dengan pasal 72 UU Hak Cipta No. 19 Tahun 2002.

Pelanggaran Hak Cipta

Jika kita pergi ke pasar tradisional di pinggir jalan, menemukan kaset & CD bajakan dengan harga yang sangat murah adalah hal yang mudah. Indonesia termasuk negara yang angka pembajakannya tinggi setelah Cina.
Jika pembajakan terhadap produk software tidak segera diatasi, maka akan berpengaruh pada perekonomian Indonesia. Para investor tentunya akan menjadi malas untuk datang. Hal ini secara tidak langsung akan merugikan para produsen aslinya. Jika hal tersebut terjadi, maka kemajuan dalam bidang TIK akan terhambat, bahkan mati.
Pengcopyan, penggandaan, & pembajakan software merupakan kegiatan illegal yang dapat dikenakan sanksi hukum. Saat ini di pusat-pusat perbelanjaan komputer sering diadakan razia software2 oleh petugas kepolisian. Hal ini diharapkan dapat mengurangi jumlah pembajakan di pasaran.

Menerapkan Aturan-aturan Hak Cipta yang Berkaitan dengan Informasi & Komunikasi

Untuk melindungi hasil karya kita agar tidak dicopy secara illegal, perlu langkah antisipatif dengan memasarkan apa yang kita miliki ke pasaran sehingga konsumen mudah untuk mendapat produk yang asli. Hasil karya kita juga harus dipatenkan untuk mendapatkan perlindungan hukum. Proteksi secara teknis juga diperlukan agar karya kita tidak mudah dibongkar oleh orang lain. Kalau perlu, kita harus sering-sering pergi ke tempat pendistribusian & penjualan untuk mengecek apakah karya kita beredar secara legal atau illegal.

Pendapat Saya Tentang Etika & Moral

Dalam menciptakan suatu karya, etika & moral sangat diperlukan. Jika hal tersebut diabaikan, maka banyak orang akan menjadi enggan untuk berkarya. Mengapa? Coba Anda bayangkan, jika Anda berkarya lalu ada orang yang mengcopy karya Anda, ataupun membeli karya Anda secara illegal, tentunya Anda akan kehilangan semangat untuk berkarya… Bukan begitu? Jadi, etika & moral sangat diperlukan dalam hal apapun terutama dalam berkarya. Maka dari itu, saya sarankan alangkah lebih baiknya jika Anda melakukan apa yang Anda ingin orang lain lakukan kepada Anda…
Selamat berkarya :)
~GOD Bless U All~
^_^
About these ads

About lyablue8

gw hanyalah seorang anak yg akan selalu berusaha untuk menyenangkan hati Bapa gw di surga... JBU all ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s